Minggu, 03 Februari 2008

siapa benar siapa salah?

hari ini hari minggu...(ya iyalah!)
dan tadi pagi ada kejadian yang buat saya 'hiiyyyH!!!' greget banget deh rasanya!


jadi begini ceritanya,, tadi pagi setelah saya jalan-jalan menikmati ramainya simpanglima, kami (saya,mbak dan mas saya,keponakan saya dan asisten rumahtangganya) mampir makan bubur ayam di dekat kawasan Tumpang sampangan (bwt yang tahu semarang). Pas lagi asik-asik makan tiba-tiba ada ribut-ribut beberapa meter di depan kami. Di pinggir jalan raya itu seorang pengendara sepeda motor beradu mulut dengan pengendara mobil dikarenakan si pengendara motor tersebut jatuh(baca: kecelakaan) karena ulah siapa tidak jelas. Maksudnya nggak jelas sih ya bener-bener nggak jelas... yang salah Si Motor ataukah Si Mobil...??

pemandangan itu jadi tambah seru karena seluruh penumpang mobil ikutan turun buat ndamprat SI Motor habis-habisan. Bayangin aja satu orang (Si pengendara motor) didamprat ma tiga orang penumpang mobil yang sepertinya terdiri dari ayah,Ibu, dan anak perempuannya yang masih semuran saya(heee...)

satu keluarga pengendara mobil itu yakin banget kalau mereka dalam keadaan yang sangat benar,,sedangkan yang salah adalah si Motor. Si Motor juga sebaliknya,,menurutnya yang salah adalah Si Mobil... (nah lo bingung kan?!).

tapi dengan sangat cueknya kami hanya nonton sambil masih asik nikmatin tuh enaknya bubur ayam. hanya kakak cow kami yang ngedeketin tuh tontonan. tapi bukannya bantuin malah tuh orang juga asik ngeliatin (yeee sama aja!).

adu mulut pun masih berlangsung seru. sudah masuk ronde kedua dengan peringkat seri.. wuuiiiH.... ayo tepuk tangan.... horeeee.
mangkok bubur pun terus berganti,tapi mereka tak berhenti-berhenti,,

Ibu : masnya tuh yang salah!
masnya motor :........................(belum sempet jawab)
Bapak : udah tahu gini main nylonong aja!
Anak : pokoknya kita nggak mau tanggungjawab,,masnya yang salah!
masnya motor : (ngedumel nggak jelas)
Ibu : mau adil mas? mau adil? kalau mau adil ayo ke kantor polisi!ayo ke polisi!!
masnya motor : (ngomong nggak jelas lagi)
Anak : BANG**T! T**! AS*!

Tiba-tiba si anak perempuan yg kelihatannya jaim itu mendadak teriak-teriak kayak preman pasar. (yeee emangnya di hutan mbak!). walhasil kedua orangtuanya berusaha menenangkan dan menyeretnya kembali ke mobil.

mobil itu sudah pergi dan pementasan drama di minggu yang cerah itupun telah usai. mangkuk buryam saya tandas untuk yang ketigakalinya. kenyang....

maybe tuh motor mang kebangeten ye? sampai bikin si mobil sebegitu marahnya hingga nggak mau tanggungjawab

tapi keramaian belum usai. kumpulan massa yang sejak tadi berada di situ mulai ngerubungin si mas ( nggak dari tadi kek!). kayaknya pada simpati sama Si Mas yang sejak tadi dilawan oleh 3 kumpeni,,

saya masih cuek. lebih sedap nonton bubur ayam daripada nonton tuh orang..

Mas pengendara sepeda motor itu berbalik,,berjalan melewati saya..



ASTAGHFIRULLAH!!!!!


sendok,,mangkok sampai terjatuh-jatuh..


gila lukanya ngeri banget!!!


yang sedari tadi saya kira cuma lecet belaka eeeh ternyata segitu parahnya.. bayangin aja hampir seluruh permukaan tangannya sepanjang siku sampai jari kulitnya mengelupas pas pas pas hingga memperlihatkan warna dagingnya bercampur darah yang kemerah-merahan. belum lagi pipi dan janggutnya yang juga serupa. persis seperti semangka yang baru setengah kupas. hiiiiiiiii!!!


saya jadi merasa bersalah sama tuh Mas karena berpikir kalau si motor cuma nyari gara-gara aja.
meskipun nggak tahu siapa yang benar dan siapa yang salah,, tapi kan kasihan lihat kalau ada orang yang luka sampai seperti itu. perkara benar atau salahnya itu urusan nanti,,tapi kalau sampai ada korban yang luka spti ini harusnya ditolong dulu kan?

huuhh saya benar-benar nggak habis pikir sama orang2 yang ngendarain tuh mobil. sombong banget sih! jangankan nolong, nanyain gimana keadaan Si Pengendara Motor aja nggak! SUNGGUH TERLALU!!!!!!! (Si Entong version)

jadi nggak respek sama tuh yang punya mobil. walaupun dia yang benar dan si motor yang salah,,menurut saya si Mobil itu tetep aja nggak bener. nggak manusiawi! trus gimana jadinya kalau pengendara Sepeda Motor itu yang mati? hayo gimana coba!

mereka meneriakkan adil,adil dan keadilan. padahal mereka sendiri malah nggak adil dan belum bisa adil. Mereka memperjuangkan keadilan dimana kebenaran itu ditegakkan,tapi nggak berperasaan. padahal tanpa kemanusiaan,keadilan itu takkan bisa berjalan.



huuwwwhhh!!! beginikah wajah Indonesia?

manusia selalu ingin dimengerti,, tapi sangat sulit untuk bisa mengerti....

2 komentar:

  1. hahaha...
    berarti, lain kali kita harus lebih peka dengan lingkungan sekitar ma...

    jika km menanyakan, "apakah ini ajah Indonesia, yg selalu ingin dimengerti,&jarang atau bahkan tidak pernah mau untuk mengerti??"
    sepertinya,hanya hai nurani kita lah yang dapat menjawabnya...

    selamat berkarya ma...
    ^^V

    BalasHapus
  2. betul sekali Nit,,
    jaman sekarang susah nemuin orang peduli lingkugan. semua sibuk dan terhanyut dalam kesenangan masing2. nurani luntur kemudian mati perlahan.(haha sok serius!),,dunia hanya permainan suatu saat pasti akan berakhir(ciee..)
    karena itu rajin2lah beribadah(opo coba?)
    yah setidaknya itu bisa selamatkan kita kelak suatu saat nanti... amiin...

    BalasHapus

silahkan berkomentar